GEMPA M 4,8 MENGGUNCANG PACITAN


Gempa tektonik
melanda Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Rabu 13 Oktober 2021 pukul 12.00.
7 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan gempa Pacitan berkekuatan ,8 magnitudo. Selain Pacitan, gempa terbaru juga dirasakan di Trenggalek, Gunungkidul, Bantul di Yogyakarta.

Kekuatan gempa Gunungkidul mencapai skala III MMI (Modified Mercalli Intensity) dengan getaran nyata terasa di dalam rumah, seperti getaran akibat truk yang lewat.

Sementara itu, di wilayah Yogyakarta, kekuatan gempa mencapai skala II MMI dengan dampak getaran yang dirasakan oleh beberapa orang yang menyebabkan benda gantung ringan tersebut berayun.

Kepala BMKG Tahap Sleman Ikhsan mengatakan, pusat gempa berada pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT, tepatnya di laut pada jarak 78 km barat daya Pacitan, pada kedalaman 55 km.

Jika kita melihat kedalaman episentrum dan hiposenter gempa Pasifik, fenomena ini termasuk gempa superfisial akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang tenggelam di bawah lempeng Eurasia di Samudera Hindia, selatan pulau Jawa.

Hingga Rabu 13 Oktober 2021 pukul 12:00 WIB, tidak ada gempa susulan yang tercatat. Masyarakat juga dihimbau untuk tetap tenang. Lebih lanjut, masyarakat berharap tidak terpengaruh oleh hoaks atau isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk informasi terkait gempa terbaru, masyarakat dapat mengaksesnya melalui saluran informasi BMKG. Selain itu, imbauan dilakukan kepada masyarakat untuk menghindari bangunan retak atau rusak akibat gempa.

Periksa dan pastikan bahwa bangunan tempat tinggal saat ini cukup tahan terhadap gempa bumi atau tidak ditemukan kerusakan berbahaya akibat gempa Yogyakarta.

Post a Comment

0 Comments